Petani Desa Wlahar Wetan Presentasi Beras dan Pupuk Organik di depan Wakil Bupati Banyumas

Sobat Gedhe dari SMK Negeri 1 Binangun mengikuti acara Panen Mapag SRI di Desa Wlahar Wetan pada Senin (3/4). Acara tersebut dimulai pukul 07.30 – 11.00 WIB yang dihadiri oleh warga sekitar, anak sekolah, dan Wakil Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan beserta perangkatnya serta para pengunjung dari luar desa yang ingin melihat acara tersebut. “Saya datang kesini mau memotret acara ini untuk koleksi budaya” kata Pak Yoni salah seorang pengunjung dari luar desa.

Pertunjukan pentas seni daerah dan panen bersama memulai acara Panen Mapag SRI di Desa Wlahar Wetan. Acara dilanjutkan dengan Presentasi Beras dan Pupuk Organik oleh para petani Desa Wlahar Wetan. Presentasi tersebut menjelaskan perbedaan antara Pupuk Organik dan Anorganik, tekstur tanah yang menggunakan bahan organik serta langkah-langkah pembuatan Kompos.

Setelah acara presentasi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh petani kepada Wakil Bupati Banyumas. “Bagaimana cara mengatasi perairan dan hama tikus?” tanya Pak Iswanto, salah seorang kelompok tani Eka Karya 1 Desa Wlahar Wetan. “Warga disini bisa menggunakan embung desa untuk mengatasi masalah perairan dan untuk masalah hama tikus bisa menggunakan burung hantu, tapi kita harus membuat rumah tempat burung hantu itu tinggal”, jawaban dari Wakil Bupati Banyumas. Setelah sesi tanya jawab selesai dilanjutkan dengan acara terakhir yaitu Syukuran dengan makan Tumpeng hasil panen Beras Organik.