Siapa yang tidak kenal dengan QR Code? Dewasa ini QR Code atau biasa kita sebut dengan Kode Batang sering kita jumpai diberbagi aplikasi Cross-Platform mulai dari android Hingga yang berbasis Website. Sebut saja BBM, dalam aplikasi tersebut kita dapat menginvite seseorang dengan menscan kode batang yang berisi Pin dari Suatu akun BBM.


Hari ini (4/4), Sobat Gedhe belajar membuat QR Code dengan dibimbing oleh Bu Sukarni baik secara online maupun offline. Untuk membuat QR Code secara Online kita dapat memanfaatkan berbagai website penyedia lanyanan pembuatan QR Code Secara Gratis, Misalanya Go QR, Pertama-tama kita Buka dulu website nya di goqr.me, lalu kita pilih type QR yang akan kita buat disana ada Hyperlink,Text,Vcard,Geolocation dan lainya, setelah kita pilih Typenya selanjutnya kita tulis kontenya di kolom Content, Dan tinggal kita klik download.


Untuk pembuatan secara Offline kita dapat menggunakan Add-ons Firefox dengan nama “QR Code Generator”. setelah kita download Add-ons tersebut akan muncul tambahan icon di bagian kanan atas Firefox. klik ikon tersebut dan Klik Tab Free Text, lalu tuliskan Content yang kita inginkan lalu Klik Create Code QR, untuk menyimpanya dalam bentuk Gambar (PNG,JPEG) kita tekan Here.

Mungkin Hari ini kita cukupkan untuk belajar membuat kode batangnya.