Pupuk Organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa-sisa tanaman, hewan dan manusia. Pupuk organik dapat berbentuk padat dan cair untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Pupuk organik banyak mengandung bahan organik daripada kadar hara.

Pada Acara Panen Mapag SRI Desa Wlahar Wetan , Sobat Gedhe belajar bersama cara pembuatan pupuk organik di Desa Wlahar Wetan Kec. Kalibagor Kab. Banyumas. Pembuatan pupuk organik ini dipaparkan oleh gapoktan (gabungan kelompok tani) Desa Wlahar wetan.

Bahan Pupuk Organik

Dari kegiatan tersebut sobat gedhe dan para petani menjadi tahu bagaimana cara membuat pupuk organik. Saya akan berbagi ilmu tentang kekayaan alam yang bisa dijadikan pupuk organik pada pertanian.

Untuk menghasilkan tanaman yang subur, kuat, sehat, serta produktif, para petani biasanya menggunakan bahan-bahan organik seperti gedebog pisang, kotoran hewan, sekam padi dan bahan organik lainnya yang dicampur menjadi satu lalu difermentasikan.

  1. Gedebog Pisang. Pemanfaatan gedebog pisang biasanya dicampur dengan tumbuhan lain merupakan alternatif pengganti pupuk urea, tanaman yang paling sesuai di jadikan campuran adalah rebung bambu. Berdasarkan penelitian dan uji coba pembuatan MOL (mikroorganisme lokal) telah di ketahui REBUNG mempunyai kandungan zat pertumbuhan yang bagus. rebung bambu memiliki kecepatan pertumbuhan 30 cm hingga 120 cm dalam 24 jam.
  2. Kotoran Hewan. Manfaat dari kotoran hewan untuk dijadikan pupuk organik adalah : mengandung banyak unsur hara penting yang dibutuhkan oleh tanaman, seperti kandungan komposisi Nitrogen, Magnesium, Zink, Calcium, Kalium, dan Molibdenum. Selain itu, kotoran hewan juga dapat membuat akar tanaman menjadi kuat dan tanamannya jauh lebih bagus. Dampak positif dari kotoran hewan yang paling penting adalah tidak menyebabkan pencemaran tanah dan air.
  3. Sekam Padi. Sekam padi sangat mudah dijumpai pada lingkungan pertanian. Banyak orang yang tidak tahu dan tidak memanfaatkan sekam padi ini. Sebenarnya sekam padi memiliki manfaat yang baik bagi pertanian. Pada dunia pertanian sekam bakar mengandung berbagai manfaat antara lain : mengikat unsur-unsur hara dalam tanah, memperbaiki tingkat keasaman tanah, kandungan silikanya dapat memperkuat daun, kandungan phospatnya dapat memperkuat tanaman dan mendorong perkembangan sel-sel tanaman, dan tempat hidup yang paling baik bagi jasad reni (mikroba yang bermanfaat).

Pupuk organik tidak hanya murah dan mudah didapat tapi lebih ramah lingkungan serta tidak mengandung bahan-bahan kimia. Hasil panen dari pupuk organik pun jauh lebih sehat dan berkualitas tinggi. Gapoktan Desa Wlahar Wetan terus berusaha untuk mengajak para petani lainnya agar menggunakan pupuk organik yang sudah jelas manfaatnya.

Prinsip yang dipegang teguh oleh Gapoktan Desa Wlahar Wetan adalah selalu sabar dalam bertani.