Kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu saya, yang saya peroleh dari Guru Pembimbing saya di Gedhe Foundation , yang akan saya berikan kepada kalian yaitu Tutorial Membuat Form menggunakan Google Form. Okeh, langsung saja simak langkahnya:

1.Login dahulu ke Google Drive menggunakan akun Google anda:

2. Setelah masuk ke Google Drive, silahkan fokus pada pojok kanan atas tempat baris menu berada kemudian klik pada tombol New > More > Google Forms.

3. Anda akan dihadapkan pada tampilan default Google Form yang form maupun judulnya masih serba untitled, seperti pada gambar dibawah ini:

4. Anda bisa mengganti judul form yang masih Untitled menggunakan judul anda sendiri. Sebagai contoh saya menggantinya menjadi Contoh Form Pendaftaran Siswa Baru. Untuk bagian yang saya ganti dengan Nama itu adalah form pertama yang disediakan.

Dari input diatas jadinya akan seperti ini :

5. Klik pada Add Question “tanda (+)” yang berada di samping kanan untuk menambah form baru, Anda bisa memilih jenis form seperti apa yang ingin anda tambah. Anda bisa menambah form dalam bentuk teks seperti form Nama diatas atau dengan bentuk yang lain

6. Sebagai contoh saya akan membuat Tanggal Lahir dengan bentuk data Date atau tanggal, jadi input data hanya dilakukkan dengan memilih salah satu pilihan yang tersedia.

7. Saya akan menambah beberapa form lagi agar benar-benar “terlihat” seperti form pendaftaran. Anda juga dipersilahkan untuk berkreasi.

8. Untuk mendapatkan URL form anda, anda bisa langsung mengcopy nya dengan cara klik Send pada pojok kanan atas:

9. Silahkan buka form anda menggunakan URL yang sudah anda dapatkan dari proses sebelumnya. Sebagai contoh, ini adalah form yang saya buat dalam tutorial ini :

10. Dari sini pembuatan form sudah selesai dan anda sudah bisa menyebarkan URL Form anda pada orang-orang. Semua data yang masuk kedalam form (telah disubmit) akan masuk dalam dokumen spreadsheet yang ada di google drive. Anda bisa mengaksesnya dengan mengeklik  Responses yang berada di halaman editor form.

Bagaimana, Mudah Kan? Semoga Tutorial Ini bermanfaat, terima kasih.