Bersama Aini Nur Azira, Ananda Octaviana P, Dewi Anggraeni

Selamat Siang…Hai teman – teman kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat menu di wordpress. Sebelumnya, apakah ada yang tahu apa itu worpress? WordPress adalah alat blogging gratis dan open source dan sistem manajemen konten (CMS) berbasis PHP dan MySQL, yang berjalan pada layanan web hosting.
Langkah langkah membuat menu di worpress :
1. Pastikan anda sudah membuat website dengan wordpress dan sudah masuk ke website.
(di sini saya membuat menu diantaranya : Berita, Siapa kami, Kontak kami, dan Pendaftaran)
2. Setelah itu menuju ke wordpress.
3. Pilih post lalu pilih categories (untuk membuat menu Berita)ketikan berita di nama, lalu klik add new category.
4. Setelah itu pilih pages, klik add new. Ketikan siapa kam di add new page dan di paragraf ketikan deskripsi tentang anda.
Pilih publish. (membuat menu siapa kami)
5. Sekarang membuat kontak kami, menuju ke tab baru lalu ketik wordpress, pilih plugins, ketikan di search ‘contant form 7’ lalu dowload/install. Setelah di install di salin ke sistem berkas. Pilih opt—lampp—htdocs—nama folder yang akan di masuki oleh contant form 7—wp-content—plugins—klik kanan—lalu rekat– lalu di ekstrak. Lalu menuju ke wordpress pilih plugins lalu contant form 7 nya di active kan. Lalu akan muncul contant dan pilih add new ketikan kontak kami di add new contact form lalu save. Lalu copy perintah yang berwarna biru.
6. Setelah di copy kita menuju ke pages , pilih add new ketikan kontak kami di add new pages. Dan paste perintah yang tadi di copy di paragraf. Lalu tekan publish.
7. Di pages pilih add new lagi (membuat menu pendaftaran). Ketik pendaftaran di add new page, tulis deskripsinya di paragraf lalu pilih publish.
8. Kemudian menuju ke Appeareance, pilih menus. Di menu name ketikan ‘menu utama’ dan save menu, lalu save. Di pages Most Recent di ceklis semua dan pilih add to menu.
9. Sekarang menuju categories,lalu view all. Ceklis berita lalu add to menu. Setelah di menu structure urutkan menu yang tadi dibuat dengan mendrag. Lalu pilih save menu.
10. Menuju ke Manage Locations, di primary navigations ganti dengan menu utama. Lalu save changes.
11. Untuk melihat hasilnya di home. Dan seperti inilah hasilnya.
Sekian dan terimakasih. Jika ada kesalahan kami mohon kritik dan sarannya. See you 🙂