Siapa yang tidak mengenal beras merah? Selain dikenal memiliki harga yang cukup mahal, beras merah juga dikenal sebagai menu alternatif bagi Anda yang sedang menjalankan proses diet. Selain hal itu, beras merah memiliki khasiat tersendiri bagi penderita diabetes, yang mana beras merah memiliki kandungan serat tinggi serta kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih. Sehingga beras merah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Nah, jika Anda sudah berubah pikiran untuk mengonsumsi beras merah, berikut akan disajikan bagaimana cara menghasilkan nasi merah yang enak untuk dimakan tanpa mengurangi kandungan nutrisi yang ada. Namun sebelum memasak beras merah, perlu kita ketahui bahwa memasak beras merah memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan memasak beras putih. Air yang dibutuhkan juga jauh lebih banyak karena, jika kekurangan air nasi merah akan mengalami kematangan yag tidak sempurna.

Dianjurkan pula memasak beras merah dengan cara tradisional yaitu dengan cara di tanak atau direbus terlebih dahulu kemudian dikukus sampai matang.

Berikut cara memasak beras merah yang bisa Anda praktekan di rumah:

  1. Cuci beras merah kurang lebih tiga kali menggunakan air bersih.
  2. Rendam beras merah kurang lebih selama 15-30menit. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan nasi yang empuk dan lebih cepat matang.
  3. Setelah beras merah direndam, tiriskan air . Kemudian tanak atau masak dengan air sampai mendidih. Ketika menanak beras merah, air yang digunakan lebih banyak dibanding menanak beras biasa, tetapi jangan terlalu banyak. Jika air terlalu banyak bisa menjadi lembek seperti bubur. Misalnya, untuk memasak ½ cup beras merah dibutuhkan air 1 ¼ cup. Pada proses ini, aduk beras merah, usahakan jangan terlalu sering mengaduk. Proses pengadukan yang terlalu sering akan mengaktifkan kandungan pati pada nasi. Sehingga, nasi akan menempel satu sama lain. Disamping itu juga akan mengakibatkan nasi menjadi lembek dan bisa menjadi seperti bubur.
  4. Ketika air yang digunakan untuk merebus beras merah sudah habis, itu tandanya nasi telah setengah matang. Nasi yang setengah matang kemudian dikukus menggunakan dandang atau kukusan.
  5. Panaskan air dalam dandang terlebih dahulu jika nasi ingin lebih cepat matang, kemudian masukkan nasi setengah matang tadi.
  6. Atur api pada temperatur sedang.
  7. Jika nasi dirasa sudah cukup matang, buka penutup nasi. Jangan biarkan nasi dalam keadaan tertutup setelah matang, karena menyebabkan uap panas yang terkurung didalam alat memasak nasi tetap berputar sehingga proses pemasakan nasi tetap berlangsung. Hal ini bisa menjadikan nasi lebih lembek.

Inilah beberapa cara mememasak beras merah yang enak. Hidangkan kepada keluarga tercinta anda dalam keadaan hangat. Nasi merah ini sangat cocok untuk pengganti nasi putih dan sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang ingin diet.